Pages

Senin, 02 Maret 2015

Cerpen : "Maling Jemuran"


Maling Jemuran

Siang ini begitu panas, terik yang menyengat membuat seluruh orang ingin pergi ke kutub, merasakan dinginnya salju dikutub atau membawa salju itu pulang lantaran panas yang sangat menyengat, eh tapi ga gitu juga sih, lebay banget deh, tapi siang ini benar-benar hot banget, bukan hot pants yang biasa dipakai cabe-cabean loh. Weekend ini seharusnya Atun, Bonno, dan Wahyu anak mereka pergi refreshing tapi berhubung cuaca sangat tidak mendukung merekapun sepakat untuk menunda acara refreshing mereka. 
“Papiiiiiiiiiiiih………………”
“Apa sih Mih?? Kenapa sih siang-siang gini teriak? Udah panas bikin tambah panas aja ”
“BH ku ilang Pih..”
“Ya ampun, BH doang, kirain ada apa.”
“Itu BH kan Mami beli dari Paris waktu kita liburan kemarin Pih!”
“Ga usah lebay deh Mih, BH di Tanah Abang juga banyak. Besok Papi beliin deh”
“Ngga mau! Itu BH mahal Pih, bermerek, terkenal”
“Udah ah, Papi mau istirahat, ga usah teriak-teriak lagi.”
Bonno masuk kamar, istirahat, tapi Atun istrinya masih saja sibuk dengan BH nya yang hilang. Bonno adalah tipe suami yang simpel, ga suka yang ribet-ribet, dengan bisnis barunya sekarang dia bisa membawa Atun istrinya kemana saja, kecuali ke dunia lain. Dikamar Bonno masih ngedumel sendiri, “BH doang heboh banget sih, istri gue kesambet apa sih, pusing gue ah”. Dia memejamkan mata dan tidur. 
Atun masih mencari-cari BH mahalnya, BH yang dia beli di Paris, BH kebanggaannya, BH kesayangannya. Tumben sekarang ini Atun tidak mengganggu Bonno istirahat, biasanya jika Atun sudah kehilangan barang, sudah kehilangan sesuatu semua orang rumah ikut direpotkan, mulai dari Bonno suaminya, Kim keponakannya dan juga Wahyu anak kesayangannya, jelas aja anak kesayangan, Wahyu kan belom punya adik, alias masih anak tunggal. Ngomong-ngomong anak tunggal sepertinya Atun belum siap memberikan Wahyu adik, walau Wahyu pernah meminta untuk punya adik. Tenanglah Bonno beristirahat karna Atun saat ini sepertinya sedang tidak ingin merepotkan siapapun. Biasanya Bonno yang jadi sasaran saat Atun kesal jika barang kesayangannya hilang. Bonno bisa jadi korban kekerasan. Bisa di cubit, dipukul, dijambak, bahkan kenal omel seperti dosen member mata kuliah empat SKS, atau bahkan ngomel panjang lebar saat seperti dosen penguji skripsi yang mencecar mahasiswanya. Lupakan dosen, kembali pada Atun. Atun menuduh Kim, keponakannya yang mengambil BH kesayangannya itu.
“Ini pasti ponakan gue deh” pikir Atun.
“Kiiiimmmm………….”
“Iya Tante, ada apa?”
“Kamu angkatin jemuran Tante ya? Mana BH mahal tante?”
“Iih,, ngga tau Tante, aku kan baru pulang kuliah, gimana sih.”
“Siapa donk yang ambil BH Tante?”
“Aku ga tau Tante, udah ah aku mau masak dulu. Oiya, mungkin si Wahyu kali tuh”
“Ah masa iya” pikir Atun dalam hati.
Kim pun berlalu menuju dapur dan siap-siap masak untuk makan malam.
Atun berfikir dan tidak percaya, bahkan tidak akan mau percaya jika benar Wahyu yang mengambil BH kesayangannya itu. Wahyu yang masih berusia lima tahun lebih suka bermain diluar rumah, bermain dengan anak tetangga, Wahyu lebih suka bermain dan berinteraksi dengan manusia daripada bermain gadget seperti anak-anak jaman sekarang ini. Wahyu lebih suka bersosialisasi daripada bermain gadget, bukan Bonno dan Atun membelikan gadget tapi karna Wahyu memang tidak menyukainya.
Atun memang beruntung menikah dengan Bonno pengusaha roti buaya yang sekarang sedang menuai sukses, dan ga heran kalo Atun menuntut ini itu, seperti liburan ke luar kota, luar pulau, luar negeri, bahkan kalau bisa luar planet (bumi) atau ke luar angkasa, eh kalo bisa luar dunia, eh abaikan yang keluar dunia. Seperti minggu kemaren mereka baru saja liburan ke Paris, pulang dari Paris Atun membeli banyak oleh-oleh, berupa baju, tas, sepatu barang-barang fashion deh pokoknya, tapi Atun juga pengen banget beli BH dari Paris, dan memang dibelilah BH itu, tapi BH itu bukan untuk oleh-oleh melainkan untuk dirinya sendiri.
Atun sepertinya kewalahan mencari BHnya yang hilang. Kemudian Atun berniat main-main kerumah Rea. Rea adalah tetangga baru Atun kira-kira baru dua minggu Rea dan suami dan juga anaknya pindah ke komplek perumahan yang ditinggali Atun. Rea memilki satu anak laki-laki, sama seperti Atun. Akhirnya Atun pun pergi kerumah Rea dan ketika di teras rumah Rea.
“Apaaaaa???? Ini BH saya” teriak Atun.
“Reaaa,,, woyyy,, keluar kamu” Atun masih teriak.
“Yaampun, kenapa sih bu Atun kok teriak dirumah saya? Ada apa?” tanya Rea sabar.
“Ini BH saya! Kenapa ada di teras rumah kamu?” tanya Atun dengan emosi.
“Loh, saya mana tau, saya ga tau ada BH kamu disini”
“Halah, ga usah ngeles! Kamu nyuri BH mahal saya kan? Ini BH mahal, dari Paris, merk terkenal! Kamu pasti sengaja nyuri kan?” Atun masih emosi.
Begitulah Atun dengan emosinya langsung menuduh bahwa Rea lah yang mengambil BHnya, dan dengan bangganya Atun berkata bahwa BHnya adalah BH mahal yang dia beli dari Paris.
“Ya ampun bu Atun, plis deh, BH mah di pasar juga banyak. Ga usah nuduh-nuduh orang”
“Halah, udah jelas-jelas ini BH saya ada teras rumah kamu” Atun bersikeras menuduh Rea.
“Tapi saya bener-bener ga tau kalo BH itu ada di teras rumah saya” Rea membela diri.
Kemudian Madja, anak Ibu Rea keluar rumah bersama dengan Wahyu anak Ibu Atun.
“Mah, kenapa sih ribut-ribut?” tanya Madja pada Rea, Ibunya
“Mami, kok Mami ada disini?” tanya Wahyu pada Atun Maminya.
Wahyu anak Atun yang masih berusia lima tahun saat itu memang sedang berada dirumah Rea, Wahyu sedang bermain dengan Madja, anak laki-laki Rea, Wahyu memang cepat akrab dengan orang, walau Madja adalah warga baru tapi Wahyu pintar sekali mengajak Madja bermain. Wahyu anak yang manis, sopan tapi terkadang menyebalkan, dia juga anak yang polos dan jujur, berbicara selalu tentang fakta, dia tidak bisa berbohong karna Ayahnya tidak pernah mengajarkan Wahyu unuk berbohong.
“Kamu ngapain disini?” Atun bertanya balik pada Wahyu.
“Mah, kenapa sih?” Madja pun bertanya pada Rea karena dari tadi Rea tidak juga menjawab.
“Ini Mama kamu mencuri BH mahal tante!” sambar Atun.
Belum juga Rea menjawab pertanyaan Madja, Atun sudah menyambar saja.
“BH Mami hilang?” tanya Wahyu dengan tampang watados alias wajah tanpa dosa.
 “Iya, dan Mamanya si Madja ini yang ambil” jawab Atun dengan penuh emosi.
Rupanya Atun sangat emosi dan sangat murka melihat BH malahnya ada dirumah Rea, bahkan Rea sudah menjelaskan sedemikian rupa bahwa dia tidak mengambil apalagi mencuri BH Atun, tapi tetap saja Atun bersikeras menuduh Realah yang mencuri BH mahal Atun
“Bu Atun jangan sembarangan ya! Saya tidak mencuri BH kamu.” Rea mulai kesal.
 “Ooooh,, ini BH Mami?” tanya Wahyu dengan tampang watados.
“Tadi aku ambil dari jemuran Mami”
“APA??? untuk apa kamu ambil BH mamih??” tanya Atun masih dengan emosi.
“Buat main perang-perangan sama Madja Mih” ujar Wahyu polos.
“apah??? Jadi kamu yang maling jemuran Mami?” tuduh Atun.
“Bukan maling Mih, aku cuma pinjem. Lagian ya Mih ga mungkin Tante Rea ambil BH Mamih” jawab Wahyu masih dengan polosnya.
“kenapa kamu bilang ga mungkin?”
“Mamih, dengerin aku ya, Mamih sama Tante Rea itu beda ukuran Mih”
“apa maksud kamu?”
“lihat donk, BH Mamih aja ukurannya 32, tapi BH Tante Rea itu ukuran 36. Beda ukuran Mih” ujar Wahyu menekankan.
“Apaaa??? Anak kecil udah tau ukuran ukuran BH wanita?”
“Ya tau dong Mih”
“Siapa yang ajarin kamu??”
“Santai dong Mih, selow, woles, ga usah marah-marah.”
“Siapa yang ajarin kamu???” Atun semakin emosi.
“Papi. Papi yang ajarin aku. Papi juga yang bilang kalo ukuran Tante Rea itu 36. Trus kata Papi punya Tante Rea lebih……..”
Belum sempat Wahyu meneruskan perkataannya tetapi Atun membekap mulut Wahyu dan menyeret Wahyu pulang.
“Papiiiiiiiiii………….”
Kemudian banyak UFO dirumah Atun. (UFO dibaca : piring terbang)

*ambil yang baiknya, buang yang buruknya.. okeh?  ^_^  


*** END *** 

Data diri :

Siska L.Rumahorbo, anak pertama dari empat bersaudara. Menyukai klub Real Madrid C.F, penggila Cristiano Ronaldo dan Mario Gotze. Lahir di Garoga, Sumatera Utara, alumni dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Bisa dihubungi via WhatsApp di 081280228820, facebook Siska Lasria Rumahorbo, twitter @kim289_ dan @kikareky, instagram @kikareky. LINE : siskalasriarumahorbo Bisa intip blognya di http://siskalasriar289.blogspot.com atau google plus di : siskalasriarumahorbo020889

Tidak ada komentar:

Posting Komentar